SISTEM KOMPUTERISASI PEMBAYARAN PEMESANAN BARANG
DI CV.APRILIA FAVORIT JL. TANJUNG RATU
KECAMATAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN
DI CV.APRILIA FAVORIT JL. TANJUNG RATU
KECAMATAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN
(TugasAkhir)
Oleh
Fauzi Aziz
1111010053
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK)
DIAN CIPTA CENDIKIA (DCC)
LAMPUNG
2013
SISTEM KOMPUTERISASI PEMBAYARAN PEMESANAN BARANG
DI CV.APRILIA FAVORIT JL. TANJUNG RATU
KECAMATAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN
DI CV.APRILIA FAVORIT JL. TANJUNG RATU
KECAMATAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN
(BimbinganPenulisan)
Oleh
Fauzi Aziz
1111010053
Ditulis sebagai salah satu syarat kelulusan Mata Kuliah
Bimbingan Penulisan Semester 5 pada
Program Studi D3-MI AMIK DCC Lampung Selatan
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK)
DIAN CIPTA CENDIKIA (DCC) LAMPUNG
2013
ABSTRAK
SISTEM KOMPUTERISASI PEMESANAN BARANG DI CV.APRILIA
FAVORIT JL. TANJUNG RATU
KECAMATAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN
KECAMATAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN
Oleh
Fauzi Aziz
1111010053
CV.Aprilia Favorit Kecamatan
Katibung Kabupaten Lampung Selatan
adalah salah satu lembaga Suasta yang bergerak dibidang Konveksi yang
membutuhkan sumber daya manusia yang terampil dan menguasai teknologi. Sumber
daya manusia yang terampil tersebut akan membuat kegiatan Jahit Menjahit dan
Memberi Design pakain atas dan bawah dengan baik sehingga menjadi efektif. Permasalahan yang dihadapi
oleh CV.Aprilia Favorit adalah sistem Aplikasi
Pembayaran Pemesana yang masih dilakukan secara manual. Hal ini
menyebabkan kesulitan bagi pemilik cv dan karyawan, pada saat pembayaran
pesanan dan pengecekan data .
Guna membantu mengatasi permasalahan
tersebut, dibutuhkan suatu perbaikan dan pengembangan sistem yang ada, salah
satunya adalah perbaikan pada proses kegiatan pembayaran pesanan barang yang dilakukan secara manual menjadi sistem
yang berkomputerisasi seperti penerapan projector dan komputer. Langkah yang
dilakukan penulis untuk mengembangkan sistem yang ada menjadi sistem
berkomputerisasi adalah dengan cara: mengunakan mapping chart untuk
mengetahui alur kerja sistem yang sedang berjalan; mengusulkan alur kerja
pengembangan sistem dengan menggunakan mapping chart dan membuat struktur
basis data dengan menggunakan normalisasi; menggunakan flowchart program
sebagai proses mengimplementasikan rancangan diatas menjadi suatu program
aplikasi dengan menggunakan Microsoft
Visual Basic.
Penulis menyimpulkan serta memberisaran, yaitu semua
ternsksi yang ada di rubah dari sistem yang manual menjadi suatu program yang
bersifat sistematis dan praktis, serta penulis memberikan saran, agar semua
transaksi yang penulis buat bisa di kembangkan serta menjadi contoh untuk perkembangan
teknologi.
LEMBAR
PERSETUJUAN
Judul : SISTEM
KOMPUTERISASI PEMBAYARAN
PEMESANAN
BARANG DI CV.APRILIA FAVORIT
KABUPATEN
LAMPUNG SELATAN
Nama Mahasiswa : Fauzi
Aziz (1111010053)
Program Study :
DIII-Manajemen Informatika
Menyetujui
Dosen
Pembimbing I Dosen
Pembimbing II
Ariani.S,S.
Kom Sukamti.A,
S. Kom
NIK.002219108204 NIK.002219108205
Mengetahui
Direktur AMIK DCC Lampung
Dedi Damhudi, S.Kom
NIK. 062122127703
LEMBAR PENGESAHAN
Tim Penguji : Tanda Tangan
Ketua Penguji :
Martin Ringhart, S. .................................
Penguji Utama : Aang Junaidi, S.Kom .................................
Anggota : Purwanto, A.Md ..................................
Sekretaris : Erniyati, SE ..................................
.
Direktur
AMIK DCC Kalianda
Dedi Damhudi, S.Kom
NIK. 0621122127703
Tanggal Lulus Ujian Akhir :……………………..
SURAT
PERNYATAAN
Saya menyatakan bahwa
yang tertulis di dalam sekripsi ini benar-benar hasil karya sendiri, bukan
jiblakan dari karya orang lain, baik sebagian atau seluruhnya.
Pendapat atau teman
orang lain yang terdapat dalam skripsi ini di kutip atau di rujuk berdasarkan
kode etik ilmiah
Kalianda, Mei 2013
FAUZI
AZIZ
1111010053
1111010053
PERSEMBAHAN
Karya ilmiah ini kami
persembahkan untuk :
ª
Ayah dan Ibu tercinta yang telah banyak
mengorbankan tenaga dan pemikiran serta memberikan dorongan moril dan materil.
ª
Ibu Ariani Sukamti S.Kom yang sangat ku
banggakan karna bimbingannya lah penulis bisa menyelesaikan karya ilmiah ini.
ª
Orang-orang yang sangat kami sayangi
yang telah memberikan semangat dan dukungan yang tak henti-hentinya.
ª
Teman-teman yang telah memberikan
dukungan dan partisipasi.
ª
Kepala Pimpinan CV.Aprilia Favorit,
Karyawan dan Staff CV.Aprilia Favorit
Katibung yang telah membantu kami dalam mengerjakan karya ilmiah ini.
RIWAYAT HIDUP
Fauzi Aziz
Penulis di lahirkan di Desa Tanjungan Kecamatan
Katibung Kota Kalianda Kabupaten Lampung selatan
pada tanggal 14 Juli 1993 anak dua dari lima bersaudara, putra dari pasangan bapak Moh Sahrawi dan Ibu Siti
Khiodijah . Saat
ini penulis bertempat tinggal di desa Tanjungan
Kecamatan Katibung Kota Kalianda Lampung Selatan.
RIWAYA
PENDIDIKAN
1.
Tahun
Pelajaran 1998-2004 Penulis Masuk SD Negeri 1 Tanjungan.
2.
Tahun
Pelajaran 2004-2007 Penilis Masuk SMP Negeri 1 Katibung.
3.
Tahun
Pelajaran 2008-20011 Penulis Masuk SMA Tri Sukses Natar.
4.
Tahun
Pelajaran 2011-2012
Penulis Terdaftar Sebagai Mahasiswa DCC Kalianda Program Diploma Tiga Manajemen
Informatika.
MOTTO
Jika
ingin melakukan sesuatu yang besar kita harus memulai dengan satu tindakan
kecil.
By
Fauzi Aziz.
Sukses
kerap kali dating pada mereka yang berani bertindak dan jarang menghampiri
p[enakut yang tidak berani mengbil konsekuensi
By.Fauzi
Aziz
KATA PENGANTAR
Dengan
Memanjatkan Puji Syukur kehadiran Allah SWT, yang telah meimpahkan rahmat dah
hidayah-Nya kepada penulis, sehingga penulis pada ahirnya dapat menyelesaikan
Tugas Metodelogi Penelitian ini sesuai waktu yang telah direncanakan Tugas Bimbingan Penulis yang berjudul “ SISTEM
KOMPUTERISASI PEMBAYARAN PEMESANA BARANG DI CV.APRILIA FAVORIT KATIBUNG LAMPUNG
SELATAN.
Penulis
menyadari, bahwa tugas bimbingan penulis ini masih terdapat banyak kesalahan
dan kekurangan karena keterbatasan pengalaman dan juga masih kurangnya ilmu
pengetahuan yang penulis miliki. Oleh karena itu setiap saran dan teguran dari
segenap pembaca akan penulis terima dengan sepenuh hati, yang semata-mata untuk
upaya perbaikan di waktu yang akan datang, Namun wajar kirainya kalau penulis
berharap agar agar tugas bimbingan ini dapat bermanfaat, khususnya bagi penulis
sendiri dan pembaca umunya.
Selama
proses penyususnan Tugas Penulis Skripsi ini, penulis banyak sekali mendapat
bantuan dari berbagai pihak, maka dalam kesempatan ini penulis ingin
menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-setingginya kepada:
1. Ibu
Mardawati Rusydi Direktur Operasional Dian Cipta Cendikia (DCC) Kampus
Kalianda.
2. Ibu
Ariani Sukamti Sebagai Dosen Bimbingan
Penulisan yang membantu penulis untuk bisa menyelesaikan Tugas bimbingan
penulisan ini.
3. Teman-temanku
yang sangat kubanggakan yang telah memberikan dukungan dan sangat , yang
mendukung untuk kesuksesan penulis.
Tidak
lupa penulis ingin mengungkapkan kebahagiaan dan sekaligus ucapan
Terimakasih yang teramat dalam kepada
kedua orang tua yang senantiasa berdoa bagi kelancaran penulis karena berkat
dorongan dan doanyalah penulis mampu menyelesaikan pendidikan serta dapat
menyelesaikan penyusunan Tugas bimbingan penulisan ini.
Sekali
lagi penulis sangat berharap, semoga skripsi ini dalam bentuk Tugas bimbingan
penulisan ini dapat benyak bermanfaat bagi kita semua tentunya, Amin.
Kalianda,......Mei
2013
Fauzi
Aziz
HALAMAN
JUDUL………………………………………………… i
ABSTRAK………………………………………………………….... ii
LEMBAR
PENGESAHAN………………………………………… iii
PERNYATAAN……………………………………………………... iiii
PERSEMBAHAN…………………………………………………… v
DAFTAR
RIWAYAT HIDUP…………………………………...... vi
MOTTO…...…………………………………………………………. vii
KATA
PENGANTAR………………………………………………. viii
DAFTAR
ISI………………………………………………………… ix
BAB
1 PENDAHULUAN …………………………………………..
1
1.1 Latar belakang …………………………………………. 1
1.2 Identifikasi
masalah……………………………………. 3
1.3 Batasan
masalah………………………………………... 3
1.4 Maksud dan tujuan
penelitian………………………… 3
1.4.1 Maksud……………………………………………….. 3
1.4.2 Tujuan………………………………………………… 4
1.5 Waktu dan tempat
penelitian………………………….. 4
1.6 Metode
penelitian………………………………………. 4
1.7 Sistematika
penulisan………………………………….. 5
Bab
II Landasan Teori……………………………………………... 7
2.1 Komputerisasi………………………………………….. 7
2.2 Data…………………………………………………….... 7
2.3 system……………………………………………………. 8
2.4 Pengertian Barang……………………………………… 9
2.5 Pengertian CV…………………………………………... 9
2.6 Pengertian
Pemesanan…………………………………. 10
2.7 Pengembangan
Sistem…………………………………. 10
2.8 Analisis Sistem………………………………………….. 11
2.9 Alat-alat
Analisis……………………………………….. 12
2.9.1 Diagram Arus Data……………………………… 12
2.9.2 Data flow diagram………………………………. 13
2.9.3 Bagan Alir Program……………………………. 17
2.9.4 Diagram Alir Entity……………………………... 19
2.9.5 Normalisasi……………………………………….. 20
2.10 Pengkodean……………………………………………. 22
2.11 Konsep dasar bahasa
pemrograman………………… 23
2.11.1
Ms. Visual Basic 6.0 ………………………….. 23
2.11.2 Layar Utama Visual Basic 6.0
……………….. 24
2.11.3 Microsoft Acces 2007 ………………………… 27
2.12 Crystal Report
……………………………………….. 28
2.12.1 Pengertian Crytal
Report…………………….. `28
Bab
III Pengembangan system…………………………………….. 29
3.1 Analisis
system………………………………………….. 29
3.1.1 Sejarah berdirinya cv.aprilia favorit…………… 29
3.1.2 Struktur organisasi……………………………… 29
3.1.3 Tugas dan fungsi masing-masing bagian….…… 32
3.2 Analisis system
berjalan……………………………….. 34
3.2.1 Alur Sistem berjalan…………………..………… 34
3.2.2 Permasalahan system berjalan….……………… 55
3.2.3 Kebutuhan pada system berjalan………….…… 36
3.3 Perancangan system…………………………………… 36
3.3.1 Alur system yang di usulkan……………………. 36
3.3.2 Rancangan (input)/masukan……………………. 38
3.3.3 Rancangan keluaran output…………………….. 42
3.3.4 Struktur basis data……………………………….. 44
3.3.5 Rancangan pengkodean…………………………... 46
3.3.6 Rancangan program(flowchat)………………….. 48
3.3.7 Struktur menu aplikasi…………………………… 53
Bab
IV Implementasi Sistem………………………………………. 54
4.1 Perangkat keras yang di
usulkan……………………… 54
4.2 Prangkat lunak………………………………………… 54
4.3 Perangkat
pikir………………………………………... 55
4.4 Pembahasan hasil
program…………………………... 56
4.4.1 Sub menu utama………………………..……….. 56
4.4.2 Menu input data………………………………… 57
4.4.3 Menu Laporan…………………………………… 63
4.4.4 Menu Exit……………………………………….... 66
Bab
V Kesimpulan dan saran…………………………………….. 67
5.1 Kesimpulan…………………………………………….. 67
5.2 Saran ……………………………………………………. 68
5.3 Lampiran……………………………………………….. 69
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1. Siklus pengembangan sistem
Gambar 2. Simbol yang di gunakan di
alir dokumen
Gambar 3. Notasi kesatuan Luar
Gambar 4. Notasi Arus Data
Gambar 5. Notasi Proses
Gambar 6. Simpan Data
Gambar 7. Simbol yang di gunakan
alir program
Gambar 8. Layar Visual Basic 6.0
Gambar 9. Jendela Kode
Gambar 10. Tampilan Ms. Office 2007
Gambar 11. Struktur Organisasi CV.
Aprilia Favorit
Gambar 12. Alur Sistem yang berjalan
Gambar 13. Alur system yang di
usulkan
Gambar 14. Rancangan Input Planggan
Gambar 15. Rancangan input barang
Gambar 16. Rancangan inpjut
transaksi
Gambar 17. Rancangan Output
pelanggan
Gambar 18. Rancagan Output Barang
Gambar 19. Rancangan Normalisasi
Gambar 20. Rancangan output menu
utama
Gambar 21. Rancangan flowchat
pelanggan
Gambar 22 Rancangan Flowchat barang
Gambar 23. Rancangan flowchat barang
maju
Gambar 24. Sub menu utama
Gambar 25. Sub menu data input
pelanggan
Gambar 26. Sub menu data input
barang
Gamabar 27. Sub menu data taransaksi
Gambar 28. Laporan data pelanggan
Gambar 29. Laporan data barang
Gambar 30. Cek data transaksi
DAFTAR TABEL
Tabel 1. Struktur basis data
pelanggan
Tabel 2. Struktur basis data barang
Tabel 3. Struktur basis data
transaksi
BAB l
PENDAHULUAN
1.1 latar belakang
Perkembangan
dunia komputer beberapa tahun terakhir maju dengan pesat, baik pada perangkat
keras maupun pada perangkat lunak. Seiring dengan kemajuan teknologi tersebut
khususnya di dalam penyajian suatu informasi karena saat ini kebutuhan
masyarakat terhadap suatu informasi sangat besar, terlebih lagi informasi
yang dihasilkan mengandung nilai yang benar, akurat, cepat, dan tepat, sehingga
siapapun yang menggunakan informasi tersebut dapat menangani berbagai masalah
yang terjadi dengan cepat.
Saat ini informasi yang disampaikan
terkadang masih bersifat manual, berdasarkan referensi yang penulis dapatkan
sistem aplikasi pemesanan barang pada
CV.Aprilia Favorit saat ini belum ada sistem komputerisasi yang
digunakan, masalah- masalah yang sering muncul di CV.Aprilia Favorit tersebut
yaitu sistem pembayaran pemesanan
barang masih menggunakan metode manual
dengan cara menghitung manual, dan menulis
dengan alat tulis biasa, atau belum terkomputerisasi dengan baik, juga
sistem pembayaran sering terjadi kesalahan dalam menghitung masih dinilai
kurang efisie, terkadang terjadi terselipnya data pemesanan baran karna masih
menggunakan sistem manual dan data di simpan di dalam lemari arsip. Dan juga
ada contoh kecil yang dapat menimbulkan masalah besar ketika cv .aprilia
favorit mendapatkan pesanan order yang bnayk dan para pelanggan ingin membayar
dan sering terjadi kekeliruan dalam hal menghitung jumlah bayar
Sehingga sering
terjadi kesalahan dalam pembayaran, dan membuat CV.Aprilia Favorit menjadi rugi
atau pelanggan yang merasa kurang puas dengan pelayanan yang ada, dari beberapa masalah yang timbul maka
penulis ingin merubah sistem yang lama dengan mengunakan sistem sistem yang
baru. Dengan menggunakan komputer, waktu pengerjaan dapat dihemat dan
penyimpanan data dapat lebih aman bila dibandingkan dengan penyimpanan data
dalam bentuk kertas dilemari arsip dan menghitung manual, serta dapat
mengurangi faktor kesalahan manusia (human
error). Dalam hal ini penulis mencoba membuat sistem pembayaran pemesanan
barang yang terkomputerisasi yang akan diterapkan pada CV.Aprilia Favorit Kecamatan Katibung sehingga diharapkan mampu
memberikan layanan yang lebih cepat dan akurat, atas dasar itulah maka penulis
memilih judul “SISTEM KOMPUTERISASI
PEMBAYARAN PEMESANAN BARANG PADA
CV.APRILIA FAVORIT KECAMATAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN”
Dalam
perancangan komputerisasi ini penulis menggunakan bahasa pemrograman Visual
Basic 6.0, hal ini disebabkan karena Visual Basic merupakan bahasa perograman
yang handal untuk membuat suatu aplikasi dalam Microsoft Windows, Visual Basic
juga memudahkan pemrograman untuk berinteraksi langsung dengan elemen-elemen
(komponen-komponen) untuk setiap program.
1.2 Indefikasi
Masalah
Dalam
penulisan karya ilmiah ini, penulis dapat mengindentifikasi masalah, yaitu
sebagai
berikut :
1. Sistem yang
diterapakan masih menggunkan sistem manual,dimana sistem ini masih menghitung
,menulis dan mencatat secara manual.
2.
Ketika pesanan sangat banyak, sistem
penghitungan yang manual masih kurang baik dan kurang efisien
3.
Kesulitan dalam mendata pembayaran
pemesanan, sehingga pembayaran pemesanan barang terlambat.
1.3 Batasan Masalah
Penulis hanya memfokuskan pada bagian
sistem pembayaran yang masih menggunkan sistem manual dengan batasan masalah
yaitu : “Sistem aplikasi pembayaran pemesana barang di CV.Aprilia Favorit”
1.4 Maksud Dan Tujuan Penelitian
1.4.1
Maksud
a.
Mempelajari prosedur dan sistem
komputerisasi pada sistem pembayaran pada CV.Aprilia Favorit
b.
Mencoba menerapkan ilmu-ilmu yang
didapat selama perkuliahan
c.
Meningkatkan serta pemantapan proses
penyerapan tekhnologi baru
1.4.2
Tujuan
a.
Mempelajari kekurangan –kekuranagn
sistem yang ada dan mencoba memberi pemecahan masalah
b.
Mengamati dan mempelajari sistem
komputerisasi sistem aplikasi pembayaran pemesana barang pada CV.Aprilia Favorit di katibung
yang telah berjalan selama ini.
1.5 Waktu Dan Tempat Penelitian
Penulis melakukan penelitian diawali
dengan penelitian yang dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung di CV.Aprilia
Favorit Katibung Lampung Selatan pada tanggal 25 Maret sampai dengan 30 May
2013.
1.6 Metodologi Penelitian
Memperoleh data dan informasi dalam
penulisan bimbingan penulisan ini menggunakan dua metode penelitian.
a)
Metode Obsevasi
Metode ini
digunkan dengan cara pengamata langsung tentang sistem aplikasi pembayaran
pemesanan barang pada CV.Aprilia Favorit di Kalianda Lampung Selatan
b)
Metode Interview
Interview yang
dilakukan dengan cara pertanyaan langsung dengan pemilik CV.Aprilia Favorit di Katibung
Lampung Selatan , yang ditanyakan yaitu mengenai”Sistem aplikasi Pembayaran
pemensanan barang di CV.Aprilia Favorit”
c) studi pustaka
Studi pustaka di lakukan dengan cara mempelajari buku dan
sumber-sumber pustaka pada CV. Aprillia Favorit di Katibung Lampung Selatan,
yang berkaitan dengan penelitian ini.
1.7 Sistematika
Penulisan
Sistematika disusun untuk mengetahui
gambaran mengenai urutan-urutan pembahasan bimbingan penulisan.
BAB l Pendahuluan
Bab pendahuluan ini menjelaskan latar
belakang permasalahan ,indefikasi masalah , rumusan masalah, batasan masalah,
maksud dan tujuan penelitian , waktu
dan tempat penelitian, serta sistematika penulisan.
BAB
ll
Landasan Teori
Bab in
menjelaskan teori permasalahan yang terdiri dari: pengertian komputer, sistem,
informasi, manajemen,sistem pembayaran, dan bahasa pemrograman yang digunakan.
BAB lll Pengembanagan Sistem
Bab ini
menjelaskan tentang analisa sistem yang berjalan berisikan : tinjauan
organisasi ,alur kerja sistem yang sedang berjalan, analisis dukumen sistem
yang sedang berjalan, masalah yang dihadapi sistem , dan kebutuhan-kebutuhan
sistem yang sedang berjalan.
BAB Implementasi Sistem
Bab in berisi
hal-hal yang berkaitan dengan penerpan dan pembahasan sistem yang baru, terdiri
dari peragkat keras (hardware),
perangkat lunak ( software),
perangkat berpikir (brainware),
jadwal proyek, hasil program .dan implementasi program yang digunakan.
BAB V Kesimpulan Dan Saran
Bab ini
menerangkan kesimpulan dari seluruh hasil penulisan dan saran yang diperlukan
untuk penggunaan sistem komputerisai yang baru.
BAB ll
LANDASAN TEORI
2.1 komputerisasi
Kata
komputer menururt Gordon b. david (1981:1), berasal dari kata bahasa latin
yaitu computer yang dalam bahasa
inggris didefinisikan to compute (menghitung) dengan demikian pengertian dasar
kata komputer yaitu alat hitung.
komputer
sangat banyak ragman dan fungsinnya
sesuai perkembangan , bahkan ada yang tidak lagi menyerupai alat hitung sama
sekali, maka gambaran ini meneurut Gordon b.davis, (1981:1), computer
didefinisikan sebagai berkikut:
“komputer
adalah peralatan elektronik yang digunakan untukmengolah data, khusus data
elektronik (digital) untuk mendapatkan data/informasai yang butuhkan”.
(
Kadir, Informasi dan Telekomunikasi, Intermedia , Yogyakarta, 2009 )
2.2
Data
Semua
peneliti atau karya ilmiah memerlukan data yang sangat akurat dan tepat sebagai
bahan untuk pengambilan keputusan suatu masalah yang sedang dihadapi, misalanya
masalah masyarakat, pemerintahan , atau
instansi/organisasi.
Menurut
Golden B.David (1980;32-33) “data adalah bahan mentah yang diperoses untuk
menyajikan informasi.
Menurut John
J.Longkutoy (1979:4) “ istilah data adlah istilah majemuk . yang
berarti fakta , atau bagian dari fakta
yang mengandung arti , yang dihubungkan dengan kenyataan ,simbol-simbol,
gambar-gambar,kata-kata,angka-angka , hurup-hurup ,atau symbol-simbol yang menunjukan suatu ide,objek,kondisi atau
situasi dan lain-lain”
(
Dra.Retno Wahyuni , Basis Data, 2006:15)
2.3
Sistem
Sistem dapat di
didefinisikan secara umum sebagai suatu totalitas himpunan benda-benda atau
bagian –bagian yang satu sama lain berhubungan sedemikian rupa sehingga menjadi
suatu kesatuan yang terpadu untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Menurut l. ackop
(1980:130-131). “ sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual ataau fisik ,
yang terdiri dari bagian –bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama
lain”.
Menurut
murdick dan ross (1982:4) “ sistem
adalah seperrangkat unsure-unsur yang terikat dalam suatu antar relasi diantara
unsure-unsur teraebut dan dengan lingkungan”
Definisi di atas
menurut penulis , sistem itu merupakan himpunan komponen / bagian yang saling
berkaitan yang bersma-sama berfungsi untuk mencapai suatu tujuan.
2.4 Pengertian Barang
Sedangkan definisi barang menurut Wikipedia, yaitu
sebagai suatu produk fisik(berwujud, tangible) yang dapat diberikan pada
seorang pembeli dan melibatkanperpindahan kepemilikan dari penjual ke pelanggan
2.5
Pengertia CV
CV atau Persekutuan komanditer adalah persekutuan dua orang atau lebih untuk mendirikan
badan usaha yang sebagian anggotannya bertanggung jawab tidak terbatas dan
sebagian anggota lain bertanggung jawab terbatas.
Dalam persekutuan ini,
modal berasal dari anggota dan didaftarkan dengan menggunakan akta pendirian.
Anggota persekutuan komanditer terdiri atas dua yaitu:
- Sekutu aktif ( persero ), sekutu ini selain menanamkan
modal juga menjalankan usaha dan bertanggung jawab penuh atas maju
mundurnya usaha. Tanggungjawab sekutu ini tidak terbatas pada modal saja
tetapi juga atas harta kekayaan pribadi.
- ekutu diam (komanditer ), sekutu ini hanya sebatas
menanamkan modal dan tidak menjalankan usaha. Tanggung jawab sekutu ini
terbatas pada modal yang ditanamkan.
2.6
Pengertian Pemesanan
Pengertian Pemesanan dan Pengiriman Barang.
Berjalannya sistem persediaan barang
bermula saat terjadinya pemesanan barang untuk persediaan di gudang. Pemesanan
barang dimulai saat supervisor melakukan pemeriksaan barang di gudang dan
apabila setelah dilakukan pemeriksaan terdapat barang yang sudah habis
persediaannya atau berada di bawah standar persediaan, maka supervisor
menyerahkan rincian permintaan barang kepada bagian administrasi umum untuk
pemesanan barang tersebut.
2.7
Pengembangan Sistem
Pengembangan sistem (system
development) dapat berarti menyusun suatu sistem yang baru untuk
menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang
telah ada. Pengembangan sistem atau perbaikan sistem yang ada dikarenakan
adanya permasalahan yang timbul, yang disebabkan oleh ketidakberesan dalam
sistem yang lama atau karena pertumbuhan organisasi itu sendiri, untuk meraih
kesempatan-kesempatan yang ada serta instruksi-instruksi dari atasan. Adapun
siklus hidup pengembangan sistem adalalah :
|
Sasaran
pengembangan sistem adalah, Performance atau Kinerja, Information atau
Informasi, Economy atau Ekonomis, Control atau Pengendalian, Efficiency atau
Efisiensi, Services atau Pelayanan.
2.8
Analisis Sistem
Proses penguraian
dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan
maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan,
kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan
yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.
Langkah-langkah dasar analisa sistem:
a.
Identify, yaitu mengidentifikasi masalah.
b.
Understand, yaitu memahami kerja dari sistem yang ada.
c.
Analyze, yaitu menganalisa sistem.
d.
Report, yaitu membuat laporan hasil analisis.
2.9 Alat-alat Analisa
2.9.1
Diagram Arus Data (Mapping Chart)
Diagram
Arus Data adalah suatu bagan untuk mewakili arus dalam sistem, dimana diagram
yang menggunakan simbol-simbol ini menggambarkan arus dokumen. Adapun
simbol-simbol yang menggunakan dalam Mapping Chart yaitu :
Nama Simbol
|
Keterangan
|
Dokumen
|
Menunjukan dokumen input dan
output baik untuk proses manual atau proses komputer
|
Proses Manual
|
Menunjukan pekerjaan manual
|
Simpan Offline
|
Menunjukan arsip
|
Proses Komputer
|
Menunjukan kegiatan proses dari
operasi program computer
|
Hardisk
|
Menunjukan
media penyimpanan komputer menggunakan hardisk
|
Kondisi
|
Menunjukan
suatu penyeleksian kondisi
|
Penghubung
|
Menunjukan
penghubung dari bagan alir yang terputus dalam halaman yang sama
|
Garis Alir
|
Menunjukan
arus dari data
|
Penghubung
|
Menunjukan
penghubung dari bagan alir yang terputus anatar halaman
|
Star
/ End
|
Digunakan
untuk menunjukan awal dan akhir suatu proses
|
Gambar 2 Simbol yang digunakan di Alir Dokumen
2.9.2 Data Flow Diagram
Data flow diagram merupakan diagram yang menggunakan
notasi untuk menggambarkan arus dari sistem sekarang. Diagram arus data
digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang
akan dikembangkan secara logika. (Jogiyanto HM, 2005:700)
Simbol-simbol yang digunakan dalam diagram arus data sama dengan simbol
yang digunakan dalam diagram konteks antara lain :
·
Kesatuan Luar (External Entity)
Suatu sistem selalu akan menerima input dan akan
menghasilkan output bagi lingkungan luarnya .
Gambar 3 Notasi Kesatuan Luar (External Entity)
·
Arus Data (Data Flow)
Arus data mengalir diantara proses, simpanan data dan
kesatuan luar. Arus data bisa berbentuk formulir atau dokumen yang digunakan
dalam perusahaan, input, komunikasi, memo / surat, serta tampilan atau keluaran
dilayar monitor yang dihasilkan oleh sistem.
Gambar 4 Notasi Arus Data (Data Flow)
·
Proses (Procces)
Proses adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh orang,
mesin atau komputer untuk mengolah data masukan (data mentah) menjadi arus data
keluaran (informasi). Proses dapat dilambangkan dengan simbol lingkaran ataua
segi empat dengan sudut tumpul.
Gambar 5 Notasi
Proses (Process)
·
Simpanan Data (Data Strore)
Simpanan data adalah penyimpanan data kedalam media
penyimpanan data tertentu atau suatu proses pengarsipan dan dilambangkan dengan
garis sejajar. Simpanan data berupa arsip, tempat untuk menyimpan data, file
atau database dan tabel acuan manual.
Gambar 6 Simpanan
Data (Data Store)
2.9.3 Bagan
Alir Program (flowchart)
Bagan alir merupakan bagian yang menunjukan alir dalam
program atau prosedur secara logika. (Jogiyanto HM, 2005:795). Bagan
ini menjelaskan urutan-urutan dari proses yang ada didalam sistem. Bagan alir
sistem menunjukan apa yang dikerjakan pada sistem. Adapun
simbol-simbol yang digunakan dalam flowchart yaitu :
Nama Simbol
|
Keterangan
|
Input / Output
|
Digunakn
untuk mewakili input / output
|
Proses
|
Digunakan
untuk mewakili suatu proses
|
Operasi
Manual
|
Menunjukan
pekerjaan manual
|
Garis Alir
|
Digunakan
untuk menunjukan arus dari proses
|
Penghubung
|
Untuk
menunjukkan sambungan dari bagian alir yang terputus dihalaman yang masih
sama atau
dihalaman lainnya
|
Kondisi
|
Untuk
menunjukan suatu penyeleksian kondisi didalam program
|
Proses
Terdefinisi
|
Untuk
menunjukan operasi yang rincinya ditunjukan ke tempat lain
|
Titik
Terminal
|
Untuk
menunjukan awal dan akhir dari suatu proses
|
Gambar
7 Simbol yang digunakan di Alir Program
2.9.4
Diagram Relasi Entity
Menurut Tata Sutabri, S.Kom MM (2004:208), database adalah kumpulan file
yang saling berkaitan. Pada model data relation, hubungan antarfile direlasikan
dengan kunci ralasi (relation key) yang merupakan kunci utama dari
masing-masing file. Perancangan database yang tepat akan menyebabkan Dbase III
Plus atau FoxBase dan paket program relational lainnya akan bekerja secara
optimal. Relasi antara 2 file atau 2 tabel dapat dikategorikan menjadi 3 macam.
Demikian pula untuk membantu menggambarkan relasi dalam hubungan atribut yang
ada di dalam 1 atau 2 file, yaitu sebagai berikut :
a.
One to one relationship 2 file
Hubungan antara file pertama dengan file kedua adalah salah satu berbanding
satu.
b.
One to many relatinship 2 file
Hubungan antara file pertama dengan file kedua adalah salah satu berbanding
banyak atau dapat pula dibalik, banyak lawan satu.
c.
Many to many relationship 2 file
Hubungan antara file pertama dengan file kedua adalah salah banyak
berbanding banyak.
d.
Relasi one to one 2 attribute dalam 1 file
Hubungan antara satu atribut dengan atribut yang lain dalam satu file yang
sama mempunyai hubungan satu lawan satu.
e.
Relasi many to one 2 atribute dalam 1 file
Hubungan antara satu atribut dengan atribut lainya dalam i filr yang sama
mempunyai hubungan satu lawan banyak.
f.
Relasi many to
many 2 attribute dalam 1 file
Hubungan antara satu atribut dengan atribut yang lain dalam 1 file yang
sama mempunyai hubungan banyak lawan banyak.
2.9.5 Normalisasi
“Suatu
file yang terdiri dari beberapa grup elemen yang berulang-ulang perlu
diorganisasikan kembali. Proses untuk mengorganisasikan file untuk
menghilangkan grup elemen berulang-ulang ini disebut dengan normalisasi (normalization).” (Jogianto HM, 2005:403)
a. Teknik
Normalisasi
Proses normalisasi
merupakan proses pengelompokkan data elemen menjadi tabel-tabel yang
menunjukkan entity dan relasinya.
1.
Atribut
Kunci (field)
Setiap
file selalu terdapat kunci dari file berupa satu file atau satu set field
yang mewakili record.
2.
Kunci
Kandidat (kandidat key)
Kunci kandidat adalah satu atribut atau satu set minimal
satu atribut yang mengidentifikasikan secara unik suatu kejadian spesifik dari
entity.
3.
Kunci
Primer (primery key)
Primery
key adalah satu atribut dari satu set minimal atribut tidak hanya
mengidentifikasikan secara spesifik, tetapi juga mewakili setiap kejadian dari
suatu entity.
4.
Kunci Alternatif (alternate key)
Alternate
key adalah kunci kandidat yang tidak dipakai sebagai primery key, tetapi
kerap kali kunci alternatif dipakai sebagai kunci pengurutan dalam laporan.
5.
Kunci Tamu (foreign key)
Foreign
key adalah suatu atribut (atau satu set atribut) yang melengkapi satu
relationship (hubungan) yang menunjukkan ke induknya. Kunci family ditetapkan
pada entity anak dan sama dengan kunci primery yang masuk direalisasikan.
b.
Bentuk-bentuk
Normalisasi
Dalam teknik
normalisasi terdapat beberapa tahapan-tahapan, dimana kriteria dari masing-masing tehapan
tersebut antara lain :
1.
Bentuk
Un-Normal adalah suatu bentuk file yang atributnya disusun secara sembarang
tanpa terkait pada aturan tertentu.
2. Bentuk Normal ke-1 (1 NF) adalah suatu bentuk file yang
tidak memiliki group berulang (repeating group).
3. Bentuk Normal ke-2 (2 NF) adalah suatu bentuk file yang
sudah normal ke-1 dan seluruh
atributnya bergantung secara fungsional penuh terhadap keseluruhan atribut
kuncinya.
4. Bentuk Normal ke-3 (3 NF) adalah suatu bentuk file yang
sudah dalam bentuk ke-2 dan tidak terdapat ketergantungan transitif di
dalamnya.
5.
Bentuk
Normal ke-3 dan sudah tidak ada ketergantungan banyak nilai di dalamnya
2.10 Pengkodean
Kode digunakan
untuk tujuan mengkalasifikasi data, memasukkan data ke dalam computer dan untuk
mengambil bermacam-macam informasi yang berhubungan dengan data tersebut. Dalam
merancang suatu kode harus diperhatikan beberapa hal, yaitu :
1)
Harus
mudah diingat, dapat dilakukan dengan cara menghubungkan kode tersebut dengan
obyek yang mewakili.
2)
Harus
unik, tidak ada kode yang kembar.
3)
Harus
fleksibel, memungkinkan perubahan-perubahan atau penambahan item baru dapat
tetap diwakili oleh kode.
4)
Harus
efisien, kode harus sependek mungkin.
5)
Harus
konsisten spasi
6)
Harus
distandarisasi
7)
Hindari spasi
8)
Hindari
karakter yang hampir serupa bentuk dan bunyi pengucapannya sebaiknya tidak
digunakan.
9)
Panjang
kode harus sama.
2.11. Konsep Dasar Bahasa
Pemprograman Yang Dipakai
2.11.1 Ms. Visual Basic 6.0
Menurut Adi Kurniadi, (2000:3)
“Visual
Basic pada dasarnya adalah sebuah bahasa pemrograman komputer. Bahasa
pemrograman adalah perintah-perintah atau instruksi yang dimengerti oleh
komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Visual Basic selain disebut
sebagai sebuah bahasa pemrograman, juga sering disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan program-program
aplikasi berbasiskan Windows.”
Bahasa
basic merupakan bahasa pemrograman
yang paling banyak digunakan oleh para programmer
pemula karena tidak rumit dan tidak banyak mengandung ketentuan-ketentuan yang mengikat jika dibandingkan
dengan Pascal atau bahasa C. Pembuatan program menggunakan visual basic dimulai dari merancang keluaran (output) baru kemudian menuliskan kode program.
Untuk merancang keluaran harus
dipahami tentang masing-masing property
pada setiap objek, sedangkan untuk menuliskan kode-kode programharus dipahami
pula tentang property, even dan method pada setiap objek.
Komponen-komponen yang biasa digunakan dalam visual basic yaitu:
a. property
Property
adalah merupakan objek atau komponen pada form yang mempunyai sifat-sifat.
Misalkan kita membuat tombol OK yang
mempunyai lebar dan tinggi yang disimpan pada property width dan height.
Objek yang berbentuk seperti tombol OK disebut command button. Masing-masing diberi nama dan nomor urut sesuai
dengan banyaknya perintah yang kita buat (command1,
command2, dstnya) sehingga lebar dan tinggi tombol OK tersebut dituliskan
sebagai command1.width dan
command1.height.
2.12.2
Layar Utama Visual
Basic 6.0
Untuk dapat
mengaktifkan Visual Basic 6.0 adalah dengan cara menginstalnya terlebih dahulu,
setelah itu pilih menu atau klik tombol Start<Program<Microsoft
Visual Studio 6.0<Microsoft Visual Basic 6.0, maka akan muncul tampilan
berikut ini:
Gambar 8. Layar Visual Basic 6.0
Berikut komponen yang terdapat di
layar utama visual basic yaitu:
1. Main
Windows (Jendela Utama)
Terdapat dari tittle bar (baris
judul), menu bar dan toolbar. Baris judul berisi nama proyek, mode operasi
visual basic sekarang dan form yang aktif. Menu bar merupakan menu drop-down,
dimana kita dapat mengontrol operasi dari lingkungan visual basic. Toolbar
berisi kumpulan gambar yang mewakili perintah yang ada di menu. Jendela utama
juga menampilkan lokasi dari form yang aktif terhadap sudut kiri atas layar,
juga lebar dan panjang dari form yang aktif.
2. Form
Windows (Jendela Form)
Adalah pusat dari pengembangan aplikasi
visual basic. Jendela form yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi, secara
otomatis akan tersedia form yang baru bila akan membuat program aplikasi yang
baru, yaitu dengan nama form1. Umumnya dalam suatu form terdapat garis
titik-titik yang disebut grid.
3. Project
Windows (Jendela Project)
Menampilkan daftar
form dan modul proyek. Proyek merupakan kumpulan dari modul form, modul class,
modul standard dan file sumber yang menentukan suatu aplikasi. Terdapat 3 icon dalam jendela
project, yaitu:
-
View
code : untuk menampilkan jendela code.
-
View
objek : untuk menampilkan jendela
form.
-
View
folders : untuk menampilkan struktur pohon
dari file-file penyusun aplikasi.
4. Toolbox
Adalah kumulan dari
objek yang digunakan untuk membuat user
interface (pemakai) serta control bagi program aplikasi. Terdapat dua cara
untuk menempatkan control pada suatu form, yaitu:
a.
Klik
ganda control dalam toolbox, selanjutnya kita dapat mengubah besar dan
ukurannya serta memindahkan dengan metode
drag and drop.
b.
Klik
control dalam toolbox, lalu pindahkan pointer mouse pada jendela form, kursor
berubah menjadi crosshair. Tempatkan cursor pada sudut kiri atas dimana kita
ingin control diletakkan, tekan tombol mouse ke kiri dan tahan ketika menyeret
(drag) kursor kearah sudut kanan
bawah.
5. Properties
Windows (Jendela Property)
Berisi daftar
struktur setting (pengaturan) property yang digunakan pada sebuah objek
terpilih. Terdapat dua tab tampilan, yaitu alphabetic
(urut berdasarkan abjad) dan categorized
(urut berdasarkan kelompok). Dibagian bawah kotak terdapat property dari objek
terpilih.
6. Form
Layout Windows (Jendela Layout Form)
Menampilkan posisi form relative terhadap monitor.
7. Code
Windows (Jendela Code)
Adalah tempat
penulisan kode-kode pogram aplikasi. Kode program adalah serangkaian tulisan
yang dilaksanakan jika suatu objek dijalankan. Kode program ini akan mengontrol
dan menentukan suatu objek.
Gambar 9. Jendela Kode
2.11.3
Microsoft
Access 2007
Microsoft Access merupakan program database yang sudah popular dan banyak
digunakan saat ini. Karena kemudahannya dalam pengolahan berbagai jenis
database serta hasil akhir berupa laporan dengan tampilan desai lebih menarik.
Dalam Microsoft Office Access 2007 banayak menemukan tampilan yang berbeda dari
fersi sebelumnya dengan pengoperasian yang lebih mudah, tetapi tidak mengubah
fungsi dari versi sebelumnya. Microsoft Access 2007 menyediakan sekumpulan
tombol yang dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.
Gambar
10 Tampilan Microsoft Office Acces 2007
2.12 Crystal Report
2.12.1 Pengertian Crystal Report
Crystal Reports dirancang untuk membuat laporan yang dapat digunakan dengan
bahasa pemrograman berbasis Windows, seperti Borland Delphi, Visual Basic,
Visual C/C++, dan Visual Interdev. Menurut Hadi, (2003) ada beberapa kelebihan
dari Crystal Reports ini adalah :
a. Dari
segi pembuatan laporan, tidak terlalu rumit yang memungkinkan para programmer
pemula sekalipun dapat membuat laporan yang sederhana tanpa melibatkan banyak
kode pemrograman.
b. Integrasi
dengan bahasa-bahasa pemrograman lain yang memungkinkan dapat digunakan oleh
banyak programmer dengan masing-masing keahlia
BAB III
PENGEMBANGAN SISTEM
3.1 Analisa
Sistem
3.1.1 Sejarah Berdirinya CV.Aprilia Favorit
CV.Aprilia Favorit merupakan
usaha yang bergerak dalam bidang
Pelayanan masyarakat dibidang konveksi yang melandaskan kegiatan berdasarkan
atas asas peminatan. Alasan mendirikan CV.Aprilia Favorit adalah kebutuhan
untuk menciptakan peluang kerja bagi
masyarakat sekitar. CV.Aprilia Favorit berdiri pada tanggal 21 April 2005 oleh bapak Fredy Eka Barata, sekaligus
sebagai ketua dan CV.Aprilia Favorit beralamat di Jl. Umbul Bandung desa Tanjung Agung kec.Katibung Lampung Selatan. Mengingat usianya yang masih
muda CV.Aprilia Favorit hanya mempunyai 25 orang karyawan dan CV.Aprilia Favorit telah
berjalan selama 8 tahun. Hal ini menunjuk kan eksistensi CV.Aprilia Favorit yang
terus berjalan seiring dengan perkembangan zaman.
3.1.2 Struktur Organisasi
Struktur adalah sebuah sistem, artinya gabungan atau rangkaian
dari berbagai macam elemen-elemen yang dirakit sedemikian rupa hingga menjadi
satu kesatuan yang utuh. Organisasi adalah Sekumpulan 2 orang atau Lebih yang
disusun dalam kelompok yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.
Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap
bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam
menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur Organisasi
menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan
yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi.
Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan
wewenang siapa melapor kepada siapa dengan adanya struktur organisasi
orang-orang yang berkecimpung di dalam
struktur organisasi tersebut, dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab
masing-masing dengan wewenang yang berlaku. Sehingga dalam melaksanakan
tugasnya dapat berjalan dengan baik demi mencapai suatu tujuan tertentu.
Adapun struktur Organisasi
pada CV.Aprilia
Favorit di Kalianda Lampung Selatan terdapat pada
gambar berikut
Struktur Organisasi CV.Aprilia Favorit di
Tanjuangan
Lampung Selatan
|
3.1.3 Tugas dan fungsi masing-masing bagian
a. Tugas dan tanggung jawab
Adapun tugas dan tanggung jawab
dari masing – masing bagian pada CV.Aprilia Favorit di Kalianda Lampung Selatan sebagai
berikut :
1.
Ketua
Bapak Eka Barata menjabat sebagai Ketua di CV.Aprilia
Favorit Tanjungan Lampung
Selatan bertugas yakni sebagai Pimpinan dalam hal ini orang yang mempunyai cv
tersebut yang memberikan perlindungan
baik secara hukum maupun secara teknik.
2.
Wakil
Ibu Aprilia Kusuma menjabat
sebagai wakil dari karyawan
CV.Aprilia
Favorit penanggung jawab
segala hal yang berhubungan dengan bahan
bahan dan membuat laporan bahan bahan
produksi
3.
Sekretaris
Ibu Dewiana menjabat sebagai sekretaris bertugas mencatat data pemasukan pemesanan
yang dipesan melalui para distribusi
yang ada disetiap wilayah
4. Bendahara
Ibu Sutinah.SE menjabat sebagai bendahara bertugas sebagai megolah
data keungan dan menyimpan pendapatan dari pemesan.
5.
Stap Pemasaran
Bapak Suhaimi .SE menjabat
sebagai staf pemesaran yang bertugas memasarkan produk namaun menggunakan sistim pesan buakan obral
6.
Stap Produksi
Bapak Parmain.SE menjabat
sebagai staf produksi yang bertugas
Memproduksikan pesanan yang dipesan oleh pelanggan dalam jumlah
yang dipesan.
7.
Stap keuangan
Ibu winda .SE menjabat
sebagai staf keuangan yang bertugas sebagai mengolah transaksi- transaksi
keuangan
8.
Anggota Stap Pemasaran
Bapak Hadi Suriama dan Jono Samsul menjabat sebagai anggota staf
pemesaran yang bertugas memasarkan produk dilapangan namaun menggunakan sistim pesan buakan obral
9.
Anggota Stap Produksi
Bapak Dadang Sutomao dan
Sutris menjabat sebagai anggota staf
produksi yang bertugas memproduksikan langsung dan membuat produk pesanan yang dipesan oleh pelanggan dalam
jumlah yang dipesan
10. Stap keuangan
Ibu winda .SE menjabat
sebagai staf keuangan yang bertugas sebagai mengolah transaksi- transaksi
keuangan
3.2 Analisa
sistem brjalan
3.2.1
Alur Sistem Berjalan
Sistem yang berjalan saat ini pada CV.Aprilia Favorit di Tanjauangan, masih
dilakukan dengan cara manual. Proses kerja pemesanan pada CV.Aprilia Favorit sebagai berikut : seorang
pelanggan atau pemesan berinteraksi kepada seorang distribusi marketing
pemasaran untuk memesan barang yang ada disetiap daerah tersebut ,lalu seorang
marketing tersebut mengirimkan data pemesanan kepada stap pemesaran yang berada
di CV.Aprilia Favorit,kemudian di bagian stap pemasaran meleporkan data
pemesanan kepada stap produksi untuk
dibuatkan produk yang diminta oleh pemesan/pelanggan ,setelah itu stap produksi
telah memebuat produk yang diminta maka stap produksi memberikan informasi
laporan kepada stap keuangan untuk memberikan berapa rupiahkah yang harus
dibayar ,selanjatnya pada stap keuangan memeinta kepada bagian sekretaris dan
ketua/direktur CV.Aprilia Favorit untuk disetujui/ditandatangani sebauah
laporan tersebut,setelah usai ditandatangani oleh keduanya maka hasil laporan
di kembaliakan kembali kepada stap keungan dan dibuat rangkap 4 yang masing
masing diberikan kepada direktur,bendahara,stap keuangan, pelanggan dan
diserahkan sesuai dengan tempat tempatnya tersebut .Selanjautnya,bersamaan
dengan laporan tersebut stap produksi
memberikan hasil produk yang telah dibuat dan ,selanjutnya laporan dan paket
tersebut diberikan kepada stap pemasaran dan stap pemasaran juga mengirim data
laporan transaksi pemesanan(kwitansi) pembayaran dan paket pesanan yang diminta kepada
marketing didaerah tersebut untuk diberikan kepada pelanggan tersebut yang
memesan.
Adapun alur data di atas seeperti pada
gambar di bawah ini:
pelanggan
|
Marketing
|
Stap pemasaran
|
Stap produksi
|
Stap
Keuangan
|
Ketua/
direktur
|
||||
|
|
|
|
|
|
Gambar 12 Alur
Sistem Berjalan Pengolahan Data Pesanan
barangt Pada CV.Aprilia Favorit Tanjaungan Lampung Selatan
3.2.2
Permasalahan Pada Sistem Berjalan
1.
Sistem yang sedang berjalan
saat ini Pada CV.Aprilia Favorit Di Kalianda
Lampung Selatan bersifat manual dalam
proses pencatatan data pemesanan barang sehingga memungkinkan terjadinya
kesalahan dalam pencatatan jumlah pemesanan barang.
2. Penghitungan barang secara manual sehingga memungkinkan terjadinya
kesalahan
3. Pembuatan laporan pemesanan barang yang dilakukan secara manual
sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan dan memerlukan waktu yang cukup
lama.
3.2.3
Kebutuhan – Kebutuhan Pada Sistem Berjalan.
1.
Perlu sistem komputerisasi yang di terapkan Untuk mempermudah memcatat data
pemesan dan juga data tersimpan dengan pemanen .
2.
Perlu Sistem komputerisasi di CV.Aprilia Favorit,Tanjungan Lampung Selatan.Untuk mempermudah
dalam pembuatan laporan data pemesan dan data transksi pembayaran .
3.
Perlu Sistem Komputerisasi Untuk memberikan keringanan dalam cara kerja setelah adanya sistem
komputerisasi di CV.Aprilia Favorit,Tanjungan Lampung Selatan
3.3 Perancangan Sistem
3.3.1 Alur Sistm yang di usulkan
Proses pemesanna barang di CV.Aprilia Favorit,Tanjungan dilakuakan dengan cara. :
seorang pelanggan atau pemesan berinteraksi kepada seorang distribusi marketing
pemasaran untuk memesan barang yang ada disetiap daerah tersebut ,lalu seorang
marketing menyimpan data yang telah di entri dalam bentuk database lalu data tersebut dikirimkan data kepada stap pemesaran
yang berada di CV.Aprilia Favorit,kemudian di bagian stap pemasaran meleporkan
data pemesanan kepada stap produksi
untuk dibuatkan produk yang diminta oleh pemesan/pelanggan dan disimpan dalam
database barang ,setelah itu stap produksi telah memebuat produk yang diminta
maka stap produksi memberikan informasi laporan kepada stap keuangan untuk
memberikan berapa rupiahkah yang harus dibayar dan data laporan transksi
tersebut disimpan dalam bentuk database ,selanjatnya pada stap keuangan
memeinta kepada bagian sekretaris dan ketua/direktur CV.Aprilia Favorit untuk
disetujui/ditandatangani sebauah laporan tersebut dan di simpan dalam bentuk
database ,setelah usai ditandatangani oleh keduanya maka hasil laporan disimpan
oleh keduanya dalam bentuk database,dan di kembaliakan kembali kepada stap keungan dan
dibuat rangkap 4 yang masing masing diberikan kepada direktur,bendahara,stap
keuangan, pelanggan dan diserahkan sesuai dengan tempat tempatnya tersebut
.Selanjautnya,bersamaan dengan laporan
tersebut stap produksi memberikan hasil produk yang telah dibuat dan
,selanjutnya laporan dan paket tersebut diberikan kepada stap pemasaran dan
stap pemasaran juga mengirim data laporan transaksi pemesanan(kwitansi)
pembayaran dan paket pesanan yang
diminta kepada marketing didaerah tersebut untuk diberikan kepada pelanggan
tersebut yang memesan.
Adapun alur sistem yang diusulkan sebagai berikut:
Pelanggan
|
marketing
|
Stap pemasaran
|
Stap produksi
|
Stap
Keuangan
|
Ketua/direktur
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
Gambar 13 Alur Sistem
Yang di usulkan Pengolahan Data Pesanan barangt Pada CV.Aprilia Favorit Tanjaungan Lampung Selatan
kontexs + DFD
3.3.2
Rancngnan (Input)/Masukan
Berikut ini adalah desaign input sistem pengentryan data pelanggan
pada CV.Aprilia Favorit,Tanjungan
Lampung Selatan
a)
Rancangan Input
Pelanggan
|
b) Rancangan Input Barang
Berikut ini adalah desaign input sistem pengentryan data barang
pada CV.Aprilia Favorit,Tanjungan
Lampung Selatan
|
c)
Rancangan Input transaksi
pemesanan
Berikut ini adalah desaign input sistem pengentryan data transaksi
pemesanan pada CV.Aprilia Favorit,Tanjungan Lampung
Selatan
|
3.3.3
Rancngnan Keluaran Output
Beriku ini adalah rancangan output sistem pengolahan data
pelanggan pada CV.Aprilia Favorit tanjungan
Lampung Selatan :
1)
Rancangan Output
Pelanggan
|
2)
Rancangan Output Barang
|
|
Nama ketua
|
3.2.4
Rancngn Basis Data
|
|
|
pelanggan
barang transaksi
|
3.3.4
Struktur Basis Data
1)
Struktur Basis Data pelanggan
Nama basis data : pemesanan barang
Nama File : pelanggan
Primary Key :
id_pelanggan
Secondary Key :
Nama_pelanggan
No
|
Nama field
|
Type Data
|
Width
|
decimal
|
keterangan
|
1
|
id_pel
|
String
|
8
|
0
|
Id pelanggan
|
2
|
Nm_pel
|
String
|
25
|
0
|
Nama pelanggan
|
3
|
No _telp
|
Number
|
12
|
0
|
Nomor telpon
|
4
|
Almt
|
String
|
25
|
0
|
Alamat
|
|
2)
Struktur Basis Data baraag
Nama basis data : pemesanan barang
Nama File : barang
Primary Key :
Kd_bar
Secondary Key :
Nm_bar
No
|
Nama field
|
Type Data
|
Width
|
decimal
|
keterangan
|
1
|
Kd_bar
|
String
|
8
|
0
|
Kode barang
|
2
|
Nm_bar
|
String
|
25
|
0
|
Nama barang
|
3
|
Hrg_bar
|
Cuarensy
|
8
|
0
|
Harga barang
|
|
3)
Struktur Basis Data transaksi
Nama basis data : pemesanan barang
Nama File :
transaksi
Primary Key :
tgl
Secondary Key : n
No
|
Nama field
|
Type Data
|
Width
|
decimal
|
keterangan
|
1
|
Tgl
|
Date
|
8
|
0
|
tanggal
|
2
|
No _byr
|
Sting
|
5
|
0
|
Nomor bayar
|
3
|
id_pel
|
String
|
5
|
0
|
Id pelanggan
|
4
|
Nm_pel
|
String
|
25
|
0
|
Nama pelanggan
|
5
|
No _telp
|
Number
|
12
|
0
|
Nomor telpon
|
6
|
Almt
|
String
|
25
|
0
|
Alamat
|
7
|
Kd_bar
|
String
|
5
|
0
|
Kode barang
|
8
|
Nm_bar
|
String
|
25
|
0
|
Nama barang
|
9
|
Hrg_bar
|
cuarensy
|
8
|
0
|
Harga barang
|
10
|
Jml_bar
|
String
|
8
|
0
|
Jumlah barang
|
11
|
trans
|
cuarency
|
8
|
0
|
transport
|
12
|
Jrk_antr
|
String
|
8
|
0
|
Jarak antar
|
13
|
Pph
|
cuarency
|
8
|
0
|
Pajak
|
14
|
Jml_pph
|
String
|
8
|
0
|
Jumlah pph
|
15
|
Tot_bayr
|
cuarency
|
8
|
0
|
Total bayar
|
|
3.3.5 Rancangan
Pengkodean
Rancangan kode dibuat agar penginputan atau perekaman
data dapat dilakukan dengan cepat sehingga mempermudah proses kerja program. Di
bawah ini dijelaskan teknik pengkodean berdasarkan elemen data yang digunakan pada cv
aprilia favorit tanjungan Lampung Selatan , yaitu
:
1. Nama
Kode : id pelanggan
Fungsi :
Mengetahui data pelanggan
Panjang :
8 Digit
Tipe :
Karakter
Format :
0
|
2
|
1
|
3
|
0
|
2
|
6
|
0
|
Thn angkatan Tgl pelanggan bln penggan
thn lahir
Contoh : 02130219
Keterangan : artinya yang bersangkutan tahun angkatan 2002, Tgl lahir 13 pada bulan februari tahun
1960
2. Nama
Kode : Kode barang
Fungsi :
Mengetahui Kode barang
Panjang :
8 Digit
Tipe :
Karakter
Format :
X
|
X
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
Tahun Nomor urut barang
Contoh : 12000001
Keterangan
: Artinya yang
bersangkutan diangkat Tahun 2012,
Nomor urut anggota ke-1
3. Nama
Kode : Kode bayar
4. Fungsi : Mengetahui Kode
transaksi
Panjang :
8 Digit
Tipe :
Karakter
Format :
1
|
0
|
0
|
2
|
0
|
2
|
1
|
0
|
Kode bayar Tgl Produksi
Contoh : 120001
Keterangan
: Artinya kode
produksi obat 10, Tanggal
Produksi 02 bulan februari tahun 2010
3.3.6 Rancngan Program (Flowchart)
Sebelum pembuatan program harus dibuat terlebih dahulu prosedur urutan
langkah-langkahnya. Program flowchart adalah symbol-symbol yang digunakan untuk menggambarkan secara rinci dan
detail antara perintah satu dengan yang lainnya didalam sebuah program yang
bersifat logic. Fungsi dari pembuatan
flowchart antara lain sebagai berikut :
1.
Agar hubungan antara prosedur dan rangkaian intruksi lebih jelas.
2. Agar program flowchart yang telah dibuat lebih mudah untuk
dipahami.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada
penjelasan dari program flowchart berikut:
a)
Rancangan Program Menu Utama
|
1)
Pelanggan
|
2)
barang
|
3)
transaksi
|
3.3.7
Struktur Menu Aplikasi
Susunan progam menu
aplikasi ini terdiri dari
1)
Menu utama
2)
Sub menu
a)
Ketua
b)
Petugas
c)
Obat
d)
Stok obat
|
|
|
|
|
BAB IV
IMPLEMENTASI SISTEM
4.1 Perangkat Keras yang Diusulkan (Hardware)
Dalam penggunaannya perangkat keras (hardware) yang
diusulkan sebagai alat pendukung dalam komputerisasi dan menjalankan progaram tidaklah
banyak, perangkat keras yang digunakan adalah :
1. komputer dengan procesor pentium IV dengan Speed minimal 1.7 Ghz
2. Ram yang digunakan minimal 256
3. Monitor standart sesuai dengan kenyaman User
Dengan demikian program akan berjalan dengan lancar,
Sebagai media output program ini dapat menggunakan
printer standart, komputer sebagai alat cetak pada laporan. Dengan menggunakan
ketentuan perangkat keras tersebut maka program yang akan digunakan dapat
berjalan dengan optimal.
4.2 Perangkat
Lunak (Software)
Adapun
perangkat lunak yang diperlukan dalam menjalankan program yang utama
adalah perangkat windows dan program aplikasi yang digunakan sebagai procces Adalah
sebagai berikut :
1. Visual Basic 0.6
Sebuah program aplikasi yang dapat menjalankan
program dengan menggunakan listing program dan component pendukung didalamnya,
berguna sebagai pembuatan media input pada sebuah program record, dengan
menggunakan Data Base Microsoft Acces
2. Cristal Report
Merupakan alat pendukung dari aplikasi Visual Basic
berguna sebagai jembatan penghubung antara Visual Basic ke report pada sebuah
program aplikasi Visual Basic
3. Microsoft Acces
Sebuah
program aplikasi data base yang berguna sebagai penyimpanan data (Record),
4.3 Perangkat
Pikir (Brainware)
Perangkat
pikir yang diusulkan ataupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang diperlukan
hendaknya mempunyai keahlian lebih dalam bidang komputerisasi Sehingga dapat
menjalankan program dan mempelajari program yang akan dijalankan.
4.4 Pembahasann Hasil Program
4.4.1 Sub Menu Utama
4.4.1 Sub Menu Utama
Sub menu utama adalah tampilan pertama ketika
program dijalankan. Dalam menu utama ini berisikan : menu file, proses, laporan
dan keluar.
Gambar 24 Sub
Menu Utama
4.4.2 Menu
Input Data
Menu
input atau menu file memiliki sub menu yang terdiri dari sub menu input pelanggan,
Input barang ,dan transksi
a. Input
Data Pelanggan
Membuka Form Sub menu data Input pelanggan pada menu
utama. Sub Menu entry data pelanggan digunakan untuk menginput data pelanggan.
Meliputi input Kode lalu di enter, bila
ada data belum ditemukan maka data harus di input semua yang meliputi nama
barang. Bila telah ada maka akan tampil seluruh data yang ditujukan pada gambar
4.2
Gambar 25 Sub
Menu Data Input pelanggan
Bagian ini terdapat beberapa
tombol yaitu :
1.Simpan
Tombol ini berfungsi menyimpan data barang dalam program
2.Tambah
Tombol ini berfungsi untuk menambah data
pelanggan pada media simpan
3. Hapus
Tombol ini berfungsi untuk menghapus data pelanggan yang
tersimpan dengan cara klik pada menu cari lalu masukan Kode barang yang akan
dihapus setelah data muncul, klik menu hapus maka data tersebut terhapus secara
otomatis.
4. Edit
Tombol ini berfungsi untuk mengubah data pelanggan
yang tersimpan dengan cara klik pada menu cari lalu masukan Kode barang yang
akan diubah setelah muncul klik menu ubah maka data akan berubah secara
otomatis sesuai dengan masukan data yang baru.
5. Cari
Pada bagian ini bisa disebut sebagai bagian penting
karena bagian cari berfungsi sebagai media pencarian data penghapusan dan
pengubahan pada setiap submenu pada program.
6. Keluar
Pada
bagian ini berfungsi sebagai menu untuk keluar dari program pengeluaran laporan
barang.
b. Input Data barang
Membuka Form Sub menu data Input data barang pada
menu utama. Sub Menu entry data barang digunakan untuk menginput data Pelanggan.
Meliputi input keseluruhan data lalu di
enter, bila ada data belum ditemukan maka data harus di input semua yang
meliputi data Pelanggan. Bila telah ada maka akan tampil seluruh data yang
ditujukan pada gambar 4.3
Gambar 26 Sub Menu Input Data barang
Bagian ini terdapat
beberapa tombol yaitu
1. Ulang
Tombol ini berfungsi untuk menambah barang pada media simpan
2. Simpan
Tombol ini berfungsi menyimpan barang
dalam program
3. Hapus
Tombol ini berfungsi untuk menghapus data barang
yang tersimpan dengan cara klik pada menu cari lalu masukan data barang yang
akan dihapus setelah data muncul, klik menu hapus maka data tersebut terhapus
secara otomatis.
4. Keluar
Pada bagian ini berfungsi sebagai menu untuk keluar
dari program pengeluaran laporan barang
5. Edit
Tombol ini berfungsi untuk mengubah data barang yang
tersimpan dengan cara klik pada menu cari lalu masukan data barang yang akan diubah
setelah muncul klik menu ubah maka data akan berubah secara otomatis sesuai
dengan masukan data yang baru.
6. Cari
Pada bagian ini bisa disebut sebagai bagian penting
karena bagian cari berfungsi sebagai media pencarian data penghapusan dan
pengubahan pada setiap submenu pada program.
a. Input
Data Transaksi
Membuka Form Sub menu data Input transaksi pada menu
utama. Sub Menu entry data transaksi digunakan untuk menginput data transaksi.
Meliputi input Kode lalu di enter, bila
ada data belum ditemukan maka data harus di input semua yang meliputi nama
barang dan pelanggan. Bila telah ada maka akan tampil seluruh data yang
ditujukan pada gambar 4.2
Gambar 27 Sub
Menu Data Input transaksi
Bagian ini terdapat
beberapa tombol yaitu :
1.Simpan
Tombol
ini berfungsi menyimpan data transaksi dalam program
2.Tambah
Tombol ini berfungsi untuk menambah data
transaksi pada media simpan
3. Hapus
Tombol ini berfungsi untuk menghapus data transaksi yang
tersimpan dengan cara klik pada menu cari lalu masukan Kode transaksi yang akan
dihapus setelah data muncul, klik menu hapus maka data tersebut terhapus secara
otomatis.
4. Edit
Tombol
ini berfungsi untuk mengubah data transaksi yang tersimpan dengan cara klik
pada menu cari lalu masukan Kode bayar yang akan diubah setelah muncul klik
menu ubah maka data akan berubah secara otomatis sesuai dengan masukan data
yang baru.
5. Cari
Pada
bagian ini bisa disebut sebagai bagian penting karena bagian cari berfungsi
sebagai media pencarian data penghapusan dan pengubahan pada setiap submenu
pada program.
6. Keluar
Pada bagian ini berfungsi sebagai menu untuk keluar
dari program pengeluaran laporan barang.
4.4.3 Menu
Laporan
Pada menu Laporan terdapat sub menu yaitu laporan
data Pelanggan,dan data transaksi. Sub menu ini digunakan untuk mengakses form
Output laporan data barang, data Pelanggan dan laporan data transaksi
a. Laporan
Data pelanggan
Laporan
data barang ini digunakan untuk mengetahui laporan data pelanggan
Gambar 28
Laporan Data pelanggan
b. Laporan
Data barang
Laporan data Pelanggan
ini digunakan untuk mengetahui laporan data
barang
Gambar 29 Laporan Data barang
C. Laporan
Data Transaksi
Cetak stock ini
digunakan sebagai bukti data transaksi.
Gambar 30 Cetak Data transaksi.
4.4.4. Menu Exit
Exit berarti keluar, jadi menu ini digunakan untuk
disaat kita ingin mengakhiri program atau ketika kita ingin keluar dari
program.
BAB
V
KESIMPULAN
DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Pengolahan data penerimaan barang yang dilakukan merupakan upaya untuk
meningkatkan kerja sistem yang ada pada CV. Aprilia Favorit Lampung Selatan.
Berdasarkan analisis dan pembahasan maka
dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut :
1.
Proses pengolahan data penerimaan barang
dengan rancangan sistem yang diusulkan secara teoritis lebih baik dibandingkan
sistem yang lama karena system yang lama belum efisien
a.
Menghemat media penyimpanan yang
dibutuhkan baik berupa kebutuhan media alat tulis untuk menyimpan rekapitulasi
data peenerimaan barang
b.
Memiliki tingkat akurat yang tinggi baik
dalam proses penginputan data penerimaan barang maupun dalam pengolahan data.
c.
Waktu yang dibutuhkan pada proses
pembuatan data penerimaan barang siswa lebih cepat dan akurat.
d.
Meningkatkan kinerja petugas (staf) CV.
Aprilia Favorit Lampung Selatan.
2. Dengan
diterapkannya sistem pengolahan data penerimaan barang, pada CV .Aprilia
Favorit Lampung Selatan akan dapat memberikan hasil output data-data yang lebih akurat.
5.2
Saran
1.
Sistem yang digunakan pada CV. Aprilia
Favorit Lampung Selatan disarankan menggunakan komputer sebagai alat untuk
mempercepat proses pencatatan dan pendataan penerimaan barang.
2.
Penggunaan komputer dapat memperlancar
kegiatan pada sistem yang digunakan pada CV. Aprilia Favorit Lampung Selatan
sehingga lebih efektif dan efesien.
3.
Perhitungan data penerimaan akan lebih
mudah diketahui secara langsung dengan menggunakan program komputer
4.
Keamanan data dari kerusakan, tercecer
dan kehilangan dapat diatasi sehingga tidak perlu membuat data penerimaan
barang secara tertulis.
5.
Keamanan akses dapat diprioritaskan pada
bagian-bagian yang terkait sehingga orang-orang yang tidak berkomponen tidak
mengetahuinya.
6.
Data yang ada selanjutnya dapat diproses
dalam bentuk laporan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penelitian,
sekolah maupun pemerintah.
FORM 1
Rumus Tambah :
Private Sub Cmdtambah_Click()
Call formkondisi(True)
Call formkosong
Cmdtambah.Enabled = False
Cmdhapus.Enabled = False
Cmdsimpan.Enabled = True
Cmdsimpan.Caption = "SIMPAN"
Cmdclose.Caption = "CANCEL"
Txtno.SetFocus
End Sub
Rumus Simpan :
Private Sub Cmdsimpan_Click()
If Txtno.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi no pemesan"
Txtno.SetFocus
ElseIf Txtnama.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi nama pemesan"
Txtnama.SetFocus
ElseIf Txtnotlp.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi no telpon/hp pemesan"
Txtnotlp.SetFocus
ElseIf Txtalamat.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi alamat pemesan"
Txtalamat.SetFocus
Else
If Cmdsimpan.Caption = "SIMPAN" Then
With
Data1.Recordset
.AddNew
.Fields("no_pemesan") = Txtno.Text
.Fields("nama") = Txtnama.Text
.Fields("no_tlpn") = Txtnotlp.Text
.Fields("alamat") = Txtalamat.Text
.Update
End With
MsgBox
"DATA TELAH TERSIMPAN"
Data1.Refresh
DBGrid1.Refresh
Call
Form_Load
Call
formnormal
ElseIf Cmdsimpan.Caption = "UBAH" Then
With
Data1.Recordset
.Edit
.Fields("no_pemesan") = Txtno.Text
.Fields("nama") = Txtnama.Text
.Fields("no_tlpn") =
Txtnotlp.Text
.Fields("alamat") = Txtalamat.Text
.Update
End With
Call Form_Load
Call
formnormal
Cmdsimpan.Enabled = False
Cmdtambah.Enabled = True
Cmdhapus.Enabled
= True
End If
End If
End Sub
Rumus Hapus :
Private Sub Cmdhapus_Click()
Dim pesan As Integer
pesan = MsgBox("data dengan no pemesan : " &
Txtno.Text & "Akan dhapus...?", vbYesNo + vbCritical,
"info")
If pesan = 6 Then
Data1.Recordset.Delete
Data1.Refresh
Call Form_Load
Call formnormal
Else
Call
formkondisi(True)
End If
End Sub
Rumus Keluar :
Private Sub Cmdclose_Click()
If Cmdclose.Caption = "CLOSE" Then
Unload Me
Else
Call formnormal
End If
End Sub
Rumus Cari :
Private Sub Cmdcari_Click()
With Data1.Recordset
.Index =
"makan"
.Seek
"=", Txtcari.Text
If .NoMatch Then
MsgBox
("Data dengan no pemesan : " & Txtcari.Text & "data
tidak ditemukan")
Txtcari.SetFocus
Txtcari.Text =
""
Else
lihat
Cmdhapus.Enabled = True
Cmdsimpan.Enabled = True
Cmdsimpan.Caption = "UBAH"
End If
Txtcari.Text =
""
End With
End Sub
Rumus Jam :
Private Sub Form_Load()
Call formkosong
Call formkondisi(False)
Cmdsimpan.Enabled = False
Cmdhapus.Enabled = False
End Sub
Rumus Waktu Dan
Tanggal :
Private Sub Timer1_Timer()
Label6.Caption = Time
Label7.Caption = Date
End Sub
Form 2
Rumus Kode Barang :
Private Sub Cmbkode_Click()
If Cmbkode.Text = "C1" Then
Txtnamamkn.Text =
"kaos"
Txthrg.Text = 25000
Else
If Cmbkode.Text = "C2" Then
Txtnamamkn.Text =
"kemeja "
Txthrg.Text = 40000
Else
If Cmbkode.Text = "C3" Then
Txtnamamkn.Text =
"celena"
Txthrg.Text = 60000
Else
If Cmbkode.Text = "C4" Then
Txtnamamkn.Text =
"topi"
Txthrg.Text = 15000
Else
End If
End If
End If
End If
End Sub
Rumus Cari :
Private Sub Cmdcari_Click()
With Data1.Recordset
.Index =
"rumah"
.Seek
"=", Txtcari.Text
If .NoMatch Then
MsgBox
("Data dengan kode makanan : " & Txtcari.Text & "data
tidak ditemukan")
Txtcari.SetFocus
Txtcari.Text =
""
Else
lihat
Cmdhapus.Enabled = True
Cmdsimpan.Enabled = True
Cmdsimpan.Caption = "UBAH"
End If
Txtcari.Text =
""
End With
End Sub
Rumus Tambah :
Private Sub Cmdtambah_Click()
Call formkondisi(True)
Call formkosong
Cmdtambah.Enabled = False
Cmdhapus.Enabled = False
Cmdsimpan.Enabled = True
Cmdsimpan.Caption = "SIMPAN"
Cmdclose.Caption = "CANCEL"
Cmbkode.SetFocus
End Sub
Rumus Simpan :
Private Sub Cmdsimpan_Click()
If Cmbkode.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi kode barang"
Cmbkode.SetFocus
ElseIf Txtnamamkn.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi nama barang"
Txtnamamkn.SetFocus
ElseIf Txthrg.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi harga barang"
Txthrg.SetFocus
Else
If Cmdsimpan.Caption = "SIMPAN" Then
With
Data1.Recordset
.AddNew
.Fields("kd_barang") = Cmbkode.Text
.Fields("nm_barang") = Txtnamamkn.Text
.Fields("hrg_barang") = Txthrg.Text
.Update
End With
MsgBox
"DATA TELAH TERSIMPAN"
Data1.Refresh
DBGrid1.Refresh
Call
Form_Load
Call
formnormal
ElseIf Cmdsimpan.Caption = "UBAH" Then
With
Data1.Recordset
.Edit
.Fields("kd_barang") = Cmbkode.Text
.Fields("nm_barang") = Txtnamamkn.Text
.Fields("hrg_barang") = Txthrg.Text
.Update
End With
Call Form_Load
Call
formnormal
Cmdsimpan.Enabled = False
Cmdtambah.Enabled = True
Cmdhapus.Enabled = True
End If
End If
End Sub
Rumus Hapus :
Private Sub Cmdhapus_Click()
Dim pesan As Integer
pesan = MsgBox("data dengan kode makanan : " &
Cmbkode.Text & "Akan dhapus...?", vbYesNo + vbCritical,
"info")
If pesan = 6 Then
Data1.Recordset.Delete
Data1.Refresh
Call Form_Load
Call formnormal
Else
Call
formkondisi(True)
End If
End Sub
Rumus Keluar :
Private Sub Cmdclose_Click()
If Cmdclose.Caption = "CLOSE" Then
Unload Me
Else
Call formnormal
End If
End Sub
Form 3
Rumus cari 1 :
Private Sub Cmdcaripemesan_Click()
Form5.Show
End Sub
Rumus cari 2 :
Private Sub Cmdcarimakanan_Click()
Form6.Show
End Sub
Rumus Tambah :
Private Sub Cmdtambah_Click()
Call formkondisi(True)
Call formkosong
Cmdtambah.Enabled = False
Cmdhapus.Enabled = False
Cmdsimpan.Enabled = True
Cmdsimpan.Caption = "SIMPAN"
Cmdclose.Caption = "CANCEL"
Txtno.SetFocus
Cmdcarimakanan.Visible = True
Cmdcaripemesan.Visible = True
End Sub
Rumus Simpan :
Private Sub Cmdsimpan_Click()
If Txtno.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi no pembayaran"
Txtno.SetFocus
ElseIf Txtnama.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi nama pemesan"
Txtnama.SetFocus
ElseIf Txtnotlp.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi no telpon pemesan"
Txtnotlp.SetFocus
ElseIf Txtalamat.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi alamat pemesan"
Txtalamat.SetFocus
ElseIf Txtnamamkn.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi nama barang"
Txtnamamkn.SetFocus
ElseIf Txthrg.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi harga barang"
Txthrg.SetFocus
ElseIf Txtjmlh.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi jumlah pesanan"
Txtjmlh.SetFocus
ElseIf Txtminuman.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi angkut"
Txtminuman.SetFocus
ElseIf Txtjmlhm.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi jumlah perkm"
Txtjmlhm.SetFocus
ElseIf Txtkue.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi pph "
Txtkue.SetFocus
ElseIf Txtjmlhk.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi jumlah pph"
Txtjmlhk.SetFocus
ElseIf Txttotal.Text = "" Then
MsgBox "lengkapi total bayar"
Txttotal.SetFocus
Else
If Cmdsimpan.Caption = "SIMPAN" Then
With
Data1.Recordset
.AddNew
.Fields("no_pembayaran") = Txtno.Text
.Fields("tgl_pembayaran") = DTPicker1.Value
.Fields("nama") = Txtnama.Text
.Fields("no_tlpn") = Txtnotlp.Text
.Fields("alamat") = Txtalamat.Text
.Fields("nm_barang") = Txtnamamkn.Text
.Fields("hrg_barang") = Txthrg.Text
.Fields("jumlah_pesanan") = Txtjmlh.Text
.Fields("angkut") =
Txtminuman.Text
.Fields("jumlah_perkm") = Txtjmlhm.Text
.Fields("pph") = Txtkue.Text
.Fields("jumlah_pph") = Txtjmlhk.Text
.Fields("total_bayar") = Txttotal.Text
.Update
End With
MsgBox
"DATA TELAH TERSIMPAN"
Data1.Refresh
DBGrid1.Refresh
Call
Form_Load
Call
formnormal
ElseIf Cmdsimpan.Caption = "UBAH" Then
With
Data1.Recordset
.Edit
.Fields("no_pembayaran") =
Txtno.Text
.Fields("tgl_pembayaran") = DTPicker1.Value
.Fields("nama") = Txtnama.Text
.Fields("no_tlpn") = Txtnotlp.Text
.Fields("alamat") = Txtalamat.Text
.Fields("nm_barang") = Txtnamamkn.Text
.Fields("hrg_barang") = Txthrg.Text
.Fields("jumlah_pesanan") = Txtjmlh.Text
.Fields("angkut") = Txtminuman.Text
.Fields("jumlah_perkm") = Txtjmlhm.Text
.Fields("pph") = Txtkue.Text
.Fields("jumlah_pph") = Txtjmlhk.Text
.Fields("total_bayar") = Txttotal.Text
.Update
End With
Call Form_Load
Call
formnormal
Cmdsimpan.Enabled = False
Cmdtambah.Enabled
= True
Cmdhapus.Enabled = True
End If
End If
End Sub
Rumus Hapus :
Private Sub Cmdhapus_Click()
Dim pesan As Integer
pesan = MsgBox("data dengan no pembayaran : "
& Txtno.Text & "Akan dhapus...?", vbYesNo + vbCritical,
"info")
If pesan = 6 Then
Data1.Recordset.Delete
Data1.Refresh
Call Form_Load
Call
formnormal
Else
Call
formkondisi(True)
End If
End Sub
Rumus Keluar :
Private Sub Cmdclose_Click()
If Cmdclose.Caption = "CLOSE" Then
Unload Me
Else
Call formnormal
Cmdcarimakanan.Visible = False
Cmdcaripemesan.Visible = False
End If
End Sub
Rumus cari data :
Private Sub Cmdcari_Click()
With Data1.Recordset
.Index =
"makan"
.Seek
"=", Txtcari.Text
If .NoMatch Then
MsgBox
("Data dengan no pembayaran : " & Txtcari.Text & "data
tidak ditemukan")
Txtcari.SetFocus
Txtcari.Text =
""
Else
lihat
Cmdhapus.Enabled = True
Cmdsimpan.Enabled = True
Cmdsimpan.Caption = "UBAH"
End If
Txtcari.Text =
""
End With
End Sub
Rumus Biaya Angkut :
Private Sub Check1_Click()
If Check1.Value = 1 Then
Txtminuman.Text = Val(Txtminuman.Text) + 2000
Txtjmlhm.SetFocus
Else
Txtminuman.Text = Val(Txtminuman.Text) - 2000
Txtjmlhm.SetFocus
End If
End Sub
Rumus PPH :
Private Sub Check2_Click()
If Check2.Value = 1 Then
Txtkue.Text = Val(Txtkue.Text) + 3000
Txtjmlhk.SetFocus
Else
Txtkue.Text = Val(Txtkue.Text) - 3000
Txtjmlhk.SetFocus
End If
End Sub
Rumus Total Bayar :
Private Sub Cmdtotal_Click()
Txttotal.Text = Val(Txthrg.Text) * Val(Txtjmlh.Text) +
Val(Txtminuman.Text) * Val(Txtjmlhm.Text) + Val(Txtkue.Text) * (Txtjmlhk.Text)
End Sub
Form 4 Menu Utama
Rumus Panggil data Pemesanan :
Private Sub Toolbar1_ButtonClick(ByVal Button As
MSComctlLib.Button)
Dim msgpesan As Integer
Select Case Button.Key
Case Is = "F1"
Form1.Show
Case Is = "F2"
Form2.Show
Case Is = "F3"
Form3.Show
Case Is = "F4"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PEMESAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F5"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PESANAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F6"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PEMBAYARAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F7"
End
End Select
End Sub
Rumus data Pemesanan
:
Private Sub Toolbar1_ButtonClick(ByVal Button As
MSComctlLib.Button)
Dim msgpesan As Integer
Select Case Button.Key
Case Is = "F1"
Form1.Show
Case Is = "F2"
Form2.Show
Case Is = "F3"
Form3.Show
Case Is = "F4"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PEMESAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F5"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PESANAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F6"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PEMBAYARAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F7"
End
End Select
End Sub
Rumus Panggil data
Pembayaran :
Private Sub Toolbar1_ButtonClick(ByVal Button As
MSComctlLib.Button)
Dim msgpesan As Integer
Select Case Button.Key
Case Is = "F1"
Form1.Show
Case Is = "F2"
Form2.Show
Case Is = "F3"
Form3.Show
Case Is = "F4"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PEMESAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F5"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PESANAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F6"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PEMBAYARAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F7"
End
End Select
End Sub
Rumus Laporan data
pemesanan :
Private Sub Toolbar1_ButtonClick(ByVal Button As
MSComctlLib.Button)
Dim msgpesan As Integer
Select Case Button.Key
Case Is = "F1"
Form1.Show
Case Is = "F2"
Form2.Show
Case Is = "F3"
Form3.Show
Case Is = "F4"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PEMESAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F5"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PESANAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F6"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PEMBAYARAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F7"
End
End Select
End Sub
Rumus Laporan Data
Pemesana :
Private Sub Toolbar1_ButtonClick(ByVal Button As
MSComctlLib.Button)
Dim msgpesan As Integer
Select Case Button.Key
Case Is = "F1"
Form1.Show
Case Is = "F2"
Form2.Show
Case Is = "F3"
Form3.Show
Case Is = "F4"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PEMESAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F5"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PESANAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F6"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PEMBAYARAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F7"
End
End Select
End Sub
Rumus Laporan data
pembayaran :
Private Sub Toolbar1_ButtonClick(ByVal Button As
MSComctlLib.Button)
Dim msgpesan As Integer
Select Case Button.Key
Case Is = "F1"
Form1.Show
Case Is = "F2"
Form2.Show
Case Is = "F3"
Form3.Show
Case Is = "F4"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PEMESAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F5"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PESANAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F6"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PEMBAYARAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F7"
End
End Select
End Sub
Rumus Keluar Menu
Utama :
Private Sub Toolbar1_ButtonClick(ByVal Button As MSComctlLib.Button)
Dim msgpesan As Integer
Select Case Button.Key
Case Is = "F1"
Form1.Show
Case Is = "F2"
Form2.Show
Case Is = "F3"
Form3.Show
Case Is = "F4"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PEMESAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F5"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PESANAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F6"
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path &
"\LAPORAN PEMBAYARAN.rpt"
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.RetrieveDataFiles
CrystalReport1.Action = 1
Case Is = "F7"
End
End Select
End Sub
Form 5
Rumus :
Private Sub DBGrid1_DblClick()
Form3.Txtnama =
Form5.Data1.Recordset.Fields("nama")
Form3.Txtnotlp =
Form5.Data1.Recordset.Fields("no_tlpn")
Form3.Txtalamat =
Form5.Data1.Recordset.Fields("alamat")
Unload Me
End Sub
Form 6
Rumus :
Private Sub DBGrid1_DblClick()
Form3.Txtnamamkn =
Form6.Data1.Recordset.Fields("nm_barang")
Form3.Txthrg =
Form6.Data1.Recordset.Fields("hrg_barang")
Unload Me
End Sub
Form 7
Rumus :
Private Sub DBGrid1_DblClick()
Form3.Txtnamamkn =
Form6.Data1.Recordset.Fields("nm_barang")
Form3.Txthrg = Form6.Data1.Recordset.Fields("hrg_barang")
Unload Me
End Sub
Form 8
Rumus :
Dim a As Integerk
Private Sub Form_Load()
a = 1
End Sub
Private Sub Timer1_Timer()
a = a + 1
ProgressBar1.Value = a
If a = 99 Then
Form4.Show
Unload Me
End If
End Sub
0 komentar:
Posting Komentar